Rabu, 29 Agustus 2012

Di balik buah mengkudu

Mengkudu (Pace) Tak Seksi Tapi Sejuta Khasiat


Pohon mengkudu atau pace yang diyakini sebagai tanaman asli Asia Tenggara sejak lama telah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, reumatik, darah tinggi, diabetes, ginjal, kanker, alergi, asma, dan lainnya. Khasiat ini disebabkan mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki kandungan vitamin, kalsium, kalium, protein, antioksidan, dan lainnya.
Mengkudu atau pace di beberapa daerah di indonesia dikenal sebagai keumeudee (Aceh), pace, kemudu, kudu (Jawa), cangkudu, cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah, wengkudu (Bali). nama lain mengkudu adalah Morinda citrifolia yang bersinonim dengan Bancudus latifolia. Di Hawaii dan Tahitti Mengkudu yang mempunyai sejuta khasiat ini mempunyai nama unik; Noni dan Nono.
Ciri-ciri Mengkudu. Pohon mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) berukuran sedang dengan tinggi sekitar 6 meter. Dahannya kasar dengan batang bengkok-bengkok. Kulit kayu berwarna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan.
Mengkudu atau Pace (Morinda citrifolia)
Mengkudu atau Pace (Morinda citrifolia)
Daun mengkudu tebal, besar, berwarna hijau mengkilat dengan bentuk lanset. Bagian tepi rata, ujung daun meruncing. bunga pohon mengkudu atau pace berbentuk bonggol dengan gagang sepanjang 1-4 cm yang tumbuh di ketiak daun. Bunga pace ini berwarna putih dengan bau harum.
Dari kelopak bunga tumbuh menjadi buah berbentuk lonjong dengan diameter hingga 10 cm. Permukaan buah mengkudu seperti bersegi banyak dengan bintik-bintik seperti kutil. Saat muda buah berwarna hijau kemudian menjadi putih kekuningan saat menjelang masak. Setelah masak warna buah mengkudu menjadi putih transparan dan lunak. Daging buah tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida, berwarna cokelat kemerahan. Setelah lunak, daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya tengik seperti keju busuk.

Khasiat Mengkudu. Meskipun bentuk buah mengkudu tidak seksi dan buruk serta mempunyai bau yang tidak sedap ternyata mengkudu (Morinda citrifolia) mempunyai multi fungsi dan sejuta khasiat sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit.
Zat nutrisi yang terkadung dalam buah mengkudu sangat lengkap. Mulai dari protein, vitamin, hingga berbagai mineral terkadung dalam buah ini. Berbagai senyawa yang dimiliki buah pace antara lain xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terpenoid, scolopetin, hingga antioksidan semisal selenium, dan zat antibakteri seperti antrakuninon, acubin, dan alizarin.
Kandungan nutrisi dan senyawa yang dimiliki buah mengkudu mampu menyembuhkan hingga puluhan jenis penyakit mulai dari darah tinggi, kolesterol, stroke, kanker, asam urat, diabetes, kelemahan seksual, rasa nyeri, depresi, gangguan ginjal, dan stres, hingga menyembuhkan gangguan pencernaan, obesitas, alergi, sulit tidur, meningkatkan daya konsentrasi hingga daya seksual.
Kini, buah mengkudu banyak dikemas dalam bentuk jus atau sari buah. Sehingga buah mengkudu yang semula berasa kurang enak dan beraroma kurang sedap, diolah sedemikian rupa sehingga lebih nikmat diminum seperti halnya sirup atau jus buah biasa. Ada juga yang diolah dalam bentuk kapsul. Di samping untuk keperluan obat yang dikonsumsi dalam bentuk jus, buah mengkudu juga dikemas dalam bentuk sampo, conditioner, hair tonic, dan hair treatment.
Untungnya pohon mengkudu dengan buahnya yang meskipun tidak seksi tetapi memiliki sejuta manfaat ini bukan tergolong pohon langka Selain itu untuk membudidayakan pohon mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) ini juga mudah. So, tertarik untuk ikut menanam pohon dengan sejuta khasiat.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Ordo: Gentianales; Famili: Rubiaceae; Genus: Morinda; Spesies: Morinda citrifolia.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Today should be better than yesterday today and show creations do not easily give up and keep fighting